17 Mar 2015

Apa sih tujuan hidup di dunia?

Author: Azizul Musyafa | Filed under: Uncategorized

Buat apa hidup kita? Apa tujuan  hidup manusia di dunia ini?

Tujuan hidup manusia

Ke mana kita akan pergi dan ke mana akhirnya kehidupan ini? Sebahagian orang ada yang memilih untuk tidak mahu pening – pening memikirkan pertanyaan di atas kerana  menganggap tiada kaitannya dengan kehidupan yang nyata.

 

“Hidup tanpa tujuan akan membuat hidup kita terasa hampa. Tanpa mengenal tujuan hidup, kehidupan ini menjadi sesuatu yang rutin dan membosankan.”

tujuan-hidup

 

Manusia umumnya takut dengan sesuatu yang tidak diketahuinya atau tidak dikuasainya. Misalnya yang paling sederhana, manusia biasanya takut atau tidak mau berada di tempat gelap. Mengapa? Karena di tempat gelap kita tidak dapat menguasai situasi. Kita tidak tahu ada apa di sekitar kita. Apakah ada sesuatu yang membahayakan kita atau tidak. Sehingga di tempat gelap kita selalu diliputi perasaan was-was, ragu-ragu dan khuatir. Oleh kerana itu kebanyakan orang tidak mahu  memasuki ruangan yang gelap.Demikian juga orang yang tidak tahu tujuan hidupnya selalu diliputi keraguan. Kerana mereka tidak tahu ke mana akhirnya kehidupan ini. Mereka tidak tahu apa yang akan terjadi setelah mati.Orang seperti ini ibarat disuruh memasuki ruangan yang gelap, dia dibayangi ketakutan akan sesuatu yang tidak diketahuinya mengenai kematian.  Dia akan berusaha memuaskan hidupnya di dunia seolah-olah dia akan kekal di dalamnya.Padahal dia tahu bahawa setiap orang pasti akan mati, hanya dia sengaja tidak mahu memikirkannya  ketidaktahuannya itu.

phppzxxsa_resized

Ada pula orang yang merasa memiliki tujuan hidup namun tujuan yang dipilihnya adalah salah. Orang yang salah dalam menentukan tujuan hidup akan merasa tidak tenang.Mengapa tidak tenang? Karena umumnya orang yang tidak mengetahui hakikat tujuan hidup yang sebenarnya, dia cenderung untuk menggantungkan tujuan hidup ini dengan sesuatu yang bersifat duniawi. Padahal sesuatu yang bersifat duniawi adalah tidak kekal. Sehingga suatu masa apabila harta yang menjadi tujuannya tersebut gagal tercapai atau hilang musnah, maka dia akan  stress dan kekecewaan sehingga diakhiri dengan bunuh diri.Allah berfirman di dalam Al-Qur’an :

 

“Aku tidak menjadikan Jin dan Manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu” (Q.S. 51:56)       

Beribadah kepada Allah diartikan menyembah (shalat) kepada Allah, berpuasa, naik haji, berbuat kebaikan, dll.Kalau sudah menjalankan rukun islam ini, maka mereka sudah merasa beragama dengan benar. Sesungguhnya bukanlah demikian menurut Allah. Penjelasan seperti diatas itu belum lah sempurna, sehingga hasilnya pun juga tidak sempurna..Beribadah kepada Allah bukanlah menyembah Allah saja, bukan menjalankan rukun islam yang lima saja, dan berbuat kebajikan saja, tetapi maknanya jauh dari itu. Beribadah kepada Allah SWT artinya mengabdi atau bekerja untuk Allah dengan sungguh-sungguh. Mengabdi disini maksudnya adalah kita sebagai penghuni bumi harus mengolah hasil bumi dengan baik untuk kemakmuran umat manusia.S ebagai hamba Allah yang baik maka kita juga diwajibkan memakmurkan atau merawat seisinya yang diberikan oleh Allah itu baik yang ada di dalam bumi maupun di kulit bumi. Kita haruslah menjaga lingkungan bumi kita untuk kebaikan kita semua .Selain Ibadah di dalam rukun islam, bekerja adalahsalah satu termasuk ibadah. Bekerja disini tentunya bekerja dengan halal dan ridha Allah SWT.Bekerja dapat bernilai ibadah apabila kita melakukannya dengan ikhlas dan di dalam pekerjaan itu bermanfaat untuk orang lain atau untuk kemaslahatan umat.Contohnya simpel adalah guru, dia mengajarkan ilmu kepada muridnya.tentu ini akan bermanfaat bagi muridnya kelak dan sudah tentu guru tersebut akan mendapatkan pahala. Selain guru masih banyak profesi-profesi yang bermanfaaat bagi kita semua dan sesuai dengan bidangnya . Saya sebagai mahasiswa elektronika tentunya nanti kemungkinan jika bekerja nanti akan berhubungan dengan elektronika atau enginering. Kita bekerja haruslah menjadikan pekerjaan kita bermanfaat, jangan sampai pekerjaan kita merugikan orang lain bahkan banyak orang. Misalnya nanti ketika saya bekerja saya harus melihat dulu pekerjaan ini bermanfaat atau malah merugikan. Contoh , saya diperintahkan dalam pekerjaan saya untuk membuat senjata yang digunakan untuk membunuh/ menyerang suatu umat dengan bayaran yang fantastis. Tentu jika saya mengambil pekerjaan tersebut, saya akan cepat kaya, tetapi hidup saya tidak akan berarti karena fungsi saya untuk mencelakakan orang lain, belum lagi kita akan mendapatkan dosa yang besar. Maka hendaklah kita bekerja dengan profesional dan di dalam pekerjaan kita ini membawa manfaat atau kebaikan untuk kita semua. Maka dapat kita simpulkan bahwa tujuan kita hidup di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah dengan berbagai caranya,mengabdi atau menjaga dan merawat alam kita menjadi orang yang membawa manfaat dan kebaikan bagi kita semua.Maka marilah kita capai tujuan hidup kita dan jadikan waktu hidup kita ini bermanfaat

23877-menjadi-bermanfaat-tak-perlu-menunggu-menjadi-orang-hebat_325x325_width

 

Leave a Reply